Senin, 29 September 2014

Kunyit Membantu Otak Beregenerasi

Kunyit Membantu Otak Beregenerasi
(Foto: istimewa)
INILAHCOM, Jakarta- Penelitian menemukan rempah-rempah yang terdapat dalam bumbu kari dapat meningkatkan kemampuan otak untuk meregenerasi dirinya sendiri. Misalnya kunyit.

Peneliti dari Institute of Neuroscience dan Kedokteran di Julich, Jerman menunjukkan senyawa dalam kunyit dapat mendorong pertumbuhan sel-sel saraf. Demikian hasil setelah dilakukan percobaan pada tikus.

Tikus mendapat senyawa kunyit dan peneliti kemudian melakukan pemindaian otak tikus. Hasil menunjukkan bagian-bagian tertentu dari otak yang terlibat dalam pertumbuhan sel saraf menjadi lebih aktif setelah disuntikkan infus aromaterapik turmerone (kunyit).

"Pada manusia dan hewan berkembang yang lebih tinggi kemampuan kunyit tampaknya kurang cukup untuk memperbaiki otak, tetapi pada ikan dan hewan yang lebih kecil mereka tampaknya bekerja dengan baik," kata Dr Maria Adele Rueger yang terlibat dalam penelitian.

Namun dia menambahkan ada kemungkinan untuk meningkatkan efektivitas sel induk dengan aromatik-turmerone.

"Dan mungkin ini pada gilirannya dapat membantu meningkatkan perbaikan di otak," imbuh Rueger. Ia sekarang mempertimbangkan apakah percobaan kepada manusia mungkin layak.

Melansir BBC, Minggu (28/9/2014), hasil penelitian terbit dalam jurnal Stem Cell Research and Therapy
http://m.inilah.com/read/detail/2139841/kunyit-membantu-otak-beregenera

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar